Kurindu Keluarga Cemara


Bismillahirrahmanirrahim

harta yg paling berharga,

adalah kluarga…


istana yg paling indah,

adalah kluarga…


puisi yg paling bermakna,

adalah kluarga…


mutiara, tiada tara,

adalah kluarga..

 

Beberapa tahun yang lalu lyric di atas sering kita dengar ketika suatu sinetron yang ditayangkan pada suatu televisi swasta ditayangkan. Sinetron Keluarga Cemara sinetron yang dimaksud itu. Sinetron hasil arahan sutradara Arswendo Atmowiloto memang sempat booming pada saat itu. Hampir setiap rumah dan tempat-tempat umum lainnya mengkonsumsi sinetron ini. Booming bukan karena artis dan aktornya yang cantik dan gagah. Bukan karena menunjukkan khidupan bebas anak muda dan berlimpahnya harta. Tapi kisah dan nilai yang ada pada sinetron ini yang sarat dengan hal-hal yang positif. Terlepas dari isu-isu yang menyatakan bahwa sinetron itu salah satu media propaganda dari salah satu kelompok, namun kenyataan bahwa sinetron ini adalah salah satu sinetron terbaik yang pernah ada tidak dapat kita pungkiri.

 

Belakangan ini kerinduan akan sinetron semacam Keluarga Cemara ini semakin membesar. Keadaan masyarakat yang begitu rusak saat ini memerlukan pencerahan seperti yang dapat diambil dari sinetron Keluarga Cemara ini. Tidak seperti acara-acara televisi mayoritas saat ini yang menyajikan dunia yang gemerlap, harta, kebencian dan permusuhan, kedengkian dan hasutan, serta kemusyrikan dan kemaksiatan. Dan semua itu dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia saat ini. Dan lihat lah di masyarakat saat ini apa yang terjadi? Kekerasan, penipuan, penindasan. Yup!I seakan-akan masyarakat Indonesia saat ini berhukum pada hukum rimba. Tak ada kasih sayang yang diperlihatkan. Adapun hanya kepada sang kekasih dan dambaan hati yang itupun juga didominasi oleh syahwat dan hasrat biologis semata.

 

Kembali kepada Keluarga Cemara. Dalam sinetron ini diajarkan kepada pemirsanya betapa besarnya nilai sebuah keluarga. Kebahagian suatu keluarga bukanlah diperlihatkan dari kemegahan, banyaknya harta. Tapi bagaimana suatu keluarga dapat bersatu dan kompak dalam menjalani kehidupan dalam keluarga mereka. Meskipun si Bapak hanyalah seorang penarik becak, namun sang Ibu tidak meminta hal-hal yang macam-macam dan sang Ibu sangat pengertian dengan keadaan si Bapak dan si Bapak juga mengerti dengan sang Ibu sehingga tetap bekerja keras untuk dapat member kejutan-kejutan kepada sang ibu sehingga selalu muncul kemesraan dan suasana dalam diri mereka berdua. Sehingga mereka hidup sangat bahagia meskipun dalam keadaan yang pas-pasan. Ini jauh berbeda dengan masyarakat saat ini yang suami istri bertengkar karena merasa tidak adanya saling pengertian diantara mereka. Padahal saat akad nikah dulu telah berjanji menerima pasangannya apa adanya dan akan saling memperbaiki kekurangan masing-masing. Namun kemana ikrar itu? Perceraian mudah sekali terjadi dan seakan-akan itu hal yang lumrah. Konflik sedikit mintai cerai. Tentu hal ini disulut oleh acara-acara gossip selebritis yang menyajikan gaya hidup para selebritis dan berita mereka yang mayoritas adalah berita percraian dan rumah tangga yang hancur lebur. Dan inilah yang menjadi tontonan dan panutan masyarakat.

 

Selain kemesraan si Bapak dan sang Ibu. Hubungan orang tua dan anak yang penuh kasih sayangpun juga dicontohkan dalam sinetron ini. Ingat bagaimana sang anak pengertian dengan kedua orang tuanya. Mereka tidak meminta macam-macam kepada orang tuanya dan bahkan hal tersebut sangatlah mereka butuhkan, apalagi hal-hala yang menarik mereka dan dimilki oleh teman-teman mereka yang sanggup untuk membelinya. Bahkan mereka pun iku membantu orangtuanya untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Namun di samping itu semua sang anak tidak mengeluh dan tetap berjuang sebaik-baiknya. Mereka tetap berprestasi di sekolahnya sehingga membuat orang tuanya bannga. Dan begitu juga dengan orag tuanya. Mekipun anak-anak mereka tidak menuntut dan menunjukkan kemanjaan yang berlebihan, tapi mereka tetap pengertian dengan keinginan anak-anak mereka. Sang orang tua tetap berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan anak-anaknya dan selalu menunjukkan kasih sayang, didikan dan bimbingan kepada anak-anak mereka sehingga sang anak selalu bangga dengan memiliki orang tua seperti orang tuanya. Berbeda dengan hubungan orang tua dan anak saat ini. Sang anaka selalu menuntut kesenangan dan selalu bersikap manja dan tanpa menunjukkan prestasi yang dapat dibanggakan orang tua mereka. Sedangkan sang orang tua merasa tertekan untuk memberikan keinginan anak-anaknya, sehingga banyak yang frustasi dan akhirnya mereka pun jengkel kepada anak-anak mereka dan muncullah kekerasan terhadap anak-anak mereka. Dan semua ini juga dicontohkan di tayangan-tayangan televisi saat ini. Kehidupan anak-anak muda yang bebas dan penuh kegemerlapan dan hedonisme. Dan semua itu meracuni anak-anak sekarang.

 

Dan satu lagi yang menjadi nilai utama dalam sinetron Keluarga Cemara ini adalah hubungan kakak beradik yang membimbing, mengayomi dan sayang menyayangi dan hormat menghormati. Kakak beradik yang kompak dan bekerjasama dalam membantu kedua orang tuanya dan meraih prestasi. Sungguh saat ini menjadi kejadian langka dimasyarakat kita. Yang ada adalah pertengkaran anatara kakak beradik dan saling berebutan harta warisan orang tua mereka. sekali lagi ini pun sangat banyak dicontohkan oleh tayangan-tayangan saat ini.

 

Apakah keadaan masyarakat seperti saat ini yag kita dambakan? Dimana kekerasana, penindasan, hasut, kedengkian dan penipuan serta kebohongan menjadi budaya. Atau kehidupan seperti Keluarga Cemara yang penuh pengertian dan kasih sayang?

 

Aku Rindu Jiwa Keluarga Cemara Ada di dalam Keluarga Indonesia

For love and understanding :)

About these ads

77 thoughts on “Kurindu Keluarga Cemara

  1. numpang koreksi lirik doang ben..

    harta yg paling berharga, adalah kluarga
    istana yg paling indah, adalah kluarga
    puisi yg paling bermakna, adalah kluarga
    mutiara, tiada tara, adalah kluarga..

    lu ngarang bgt si..
    hahahahahah

  2. iya saya juga kangen dengen pelem ini, rasanya masuk akal and engena sekali dihat
    beda ama senetron yang sekarang ini
    terlalu engubar tangis and banyak kesenjangan sosial
    tampilannya juga yang sekarang ekspos wajah ayu and ganteng aja
    rasanya tak ada hikmah yang bsa diperoleh

    jamber

      • ini sdh yg kedua (emak sdh diganti), sutradara nya Dedi setiadi .. justru disini lah terjadi pemutusan sinetron ini krn tidak rating lagi …..

      • justru di episode ini pemain emak sdh diganti (Lia Warokka oleh Novia kolopaking) dan sutradara eduart pesta sirait oleh dedi setiadi. justru di episode2 ini tidak menjadi rating dan diputus tayangannya oleh RCTi.

  3. tolong kirimkan lagunya film keluarga cemara dalam format mp3.
    sekalian penyanyinya siapa? dan judul lagunya apa?
    besar harapan bila permintaan saya di tanggapi. sekian dari saya. saya tunggu balasannya.

  4. hehehe baca blog ini gara-gara saran blognya si piwpiw
    duh..dari anak UI ampe ITB omongannya sama tentang Harkitnas kemarin
    ciee ngomongin resepsi pernikahan
    mupeng ama kak fero-neta yah?
    udah kayak si emak ajah

  5. yah kita mencoba merefleksikan apa yang terjadi dan dunia kenyataannnya.

    hahaha nggak mupeng lah, inysa Allah ada masanya nani. so tunggu aja tanggal mainnya.

    Uni Liza juga di tunggu loh tanggal mainnya. hehehe

  6. Harta yang paling berharga, adalah keluarga
    Istana yang paling indah, adalah…Keluarga

    Puisi yang paling bermakna, adalah keluarga
    Mutiara tiada tara, adalah … Keluarga

    Reff
    Selamat pagi emak
    Selamat pagi Abah
    Mentari hari ini berseri indah

    Terima kasih emak
    Terimakasih Abah
    sumpah sakti perkasa
    dari kami putera-puteri
    yang siap berbakti

    Semoga bermanfaat

  7. Penyanyi Lagu “Harta Berharga” (Judul Lagu tema Keluarga Cemara)

    Ceria Hade (Pemeran Euis) Penyanyi utama
    Annisa Fujianti (Pemeran Ara)
    Puji (Pemeran Agil)

    Lirik: Arswendo Atmowiloto
    Lagu: Harry Tjahjono
    Arr: Nana Master

  8. Kalau saja kegelisahan teman-teman yang ada disini juga merupakan kegelisahan para sinetron maker, Sinetron yang setipe dengan: Keluarga Cemara, Satu kakak 7 Ponakan, Dongeng Dangdut, Jendela Rumah masih bisa kita saksikan di setasiun televisi Indonesia.

    Kalau saja, Kiblat TV kita bukanlah AC NIELSEN, Tentunya …..

  9. Pingback: Kurindu Keluarga Cemara « Pelangi Merah Putih

  10. keluarga cemara adalah cerita yang paling aku sukai.pesan moral yang ada di dalamnya sungguh sangat bagus.apa lagi lagunya,bagus banget dan enak didengerin…ada yang punya lagunya dalam format mp3 gak?

  11. Cmikum. . Kpan y.. SintroN msA” kciL qtA d’tyangin lgi. . Alx kel.cmAra,bAxk bgd nilai positipx yg bsa qta ambiL, Bhkan ga da sMa sKLi jLekx. . Biar d’ulangin brapa kLi,qta ga bsen kuk. . Eitz btw pmeranx agiL uda gde dungz. .bgi dong opakx hehe qta smUa tUnggu flem kLurgA cMara. . . . .key. . .

  12. Ya, saya selaku sutradara sinetron masa kini, yang lagi tayang di RCTV, SCTI dan IndoSari, mengaku salah, sudah membuat sinetron sekarang jadi tidak mendidik, habis kalau tidak begitu saya tidak dibayar sama ‘kaum perusak moral bangsa’..

    Malah kalau saya membuat sinetron yg mendidik, saya mau di-cekal.. sadarkah kalian bahwa yang di DPR kita semua pengusaha, yang ingin bisnis mereka sukses ??? ya salah satunya sinetron-2….. mereka mikir bisnis doang, dan sengaja merusak moral bangsa…

    Tapi sekarang sy sadar, ga mau lagi bikin sinetron kayak gitu lagi,.. Mau bikin pilem aja,.. pilem horror.. (mendingan jualan hantu deh).. == becanda

    saya mau stop aja pokok nya, sampai sy bisa bikin sinetron yg bagus kayak KELUARGA CEMARA.. doakan ak, telp ak di 727(6x)

  13. beruntung banget y seseorang yg px klwrga sprti “keluarga cemara”.
    “mutiara” yg g mgkin pernah q dptin dr klwrgku.
    tp q tetep bersyukur ma Allah swt.
    uang bwt klwrgq mgkin g kurang,tp kesetiaan&keharmonisan klwrga g akan pernah bs d beli oleh uang, sekalipun oleh klwrgq

  14. eh aku numpang nanya donk, ost dari sinetron keluarga cemara tuh judulx apa yach? aku lgi butuh banget nich bwt nginget2 masa kecil aku sekalian ngisi kerinduanku ma tuh sinetron. please and makasih atas jawabannya!

  15. kangen banget sama sinetron kek keluarga cemara,,,,
    kapan ya pembuat2 cerita itu bikin sinetron seperti keluarga cemara lagi ^_^

  16. benar sob, gw juga kangen bener sama film tersebut, tapi yg masih miskin bukan keluarga cemara yang versi kaya nya. film ini mendidik banget sob, film yg bisa bikin gw ketawa, nangis, senyum sendiri dan mendapatkan pelajaran. pas film ini diputer gw kelas berapa ya? ehm… 6 SD deh…

    http://www.tawvic.wordpress.com

  17. Kalo mau donlot soundtrack di indowebster.com , kalo d 4shrd lama, apalagi rapidshr.

    Thx bwt TS yg dh ngajak ane dejavu2 sm masa lalu, sekarang juga ada sinetron2 keren buatanny dedy mizwar, sangar no Para pencari tuhan, sinetron no 1 dah ! Keluarg cmr juga ga kalah !

  18. Trimakasih Keluarga Cemara.
    kapan Sinetronnya bisa diputar lagi? Kalo ada VCDnya kami mau beli (untuk pendidikan anak-anak kami.
    OK. Good…

  19. sama, saya juga kangeeeennn sekali sama keluarga cemara. KALO PUNYA FILMNYA bagi-bagi ya…minilam klip videonya lah..
    hehehe makasih…. sahabat….

  20. ternyata, orang Indonesia seperti kita masih rindu tayangan mendidik,
    seperti keluarga cemara, semoga ada produser dan sutradara di sana yang masih punya nurani dengan memperhatikan kualitas bukan kuantitas atas sebuah karya….
    akhir2 ini banyak KDRT di dalam sinetron, saatnya memunculkan sinetron keluarga, semacam keluarga cemara, mohon dengan sangat kurangi sinetron berbau KDRT

  21. qt* kangend cma film keluarga cemara ,dputer lagi dund .
    bnyag pelajarand yg dpat dambil dri film tersebud .
    kisah yg tidag pernah mmbuat qt bosan .

  22. Ya ampun…

    masih banyak ya, yang pengen stasiun tv buat muter “keluarga cemara”

    Ceritanya IMO bener2 bagus dan banyak pelajaran hidup yang bisa diambil…. gak kayak sinetron sekarang…

    Makasih bwt Mas Benny buat mengingatkan saya tentang sinetron ini … jaman sd nih… -blogwalking mission-

  23. wah sayang nih, sinetron yang sering di rerun cuma si doel doang, keluarga cemara pernah di rerun juga tapi itu dah lama banget. Kangen pisan euy, paling inget makanan paporit keluarga cemara adalah ikan peda sama sambal terasi. wehehe

  24. Itu film jaman gwa sd,dan itu satu2 nya yg gwa inget yg menandakan film itu sangat berkesan dan penuh makna biarpun waktu itu gwa belum ngerti apa2.he he

  25. i love keluarga cemara, kapan lagi ya ditayangi sinetron nomor satu di indonesia yg benar2 mendidik?, sinetronnya keluarga indonesia. gak seperti sinetron sekarang yg mengajar anaj muda tentang kebohongan, masa orang gak berpendidikan bisah jadi orang kaya ga betul banget kan

    • weeww, kanggeennnnn …
      kapan film klrga cemara tayyang lgii dii tv,,
      huuuhh .
      bosen sm acra2 sntron skrng ,,

      hayuu doonnnkkk, smga klrga cemara bs cpet2 tayyank lagiii,,
      miss somuch…..

  26. Bener bgt,keluarga cemara emg sinetron yg bener2 mendidik..
    Sy bingung sama sinetron2 jaman skrg..
    Kalo ga perebutan harta,fitnah,pembunuhan,kdrt,kekerasan,nangis2an,anak haram..
    Ga ada lg yg mengajarkan nilai moral kyk keluarga cemara..
    Kemana lg sinetron kyk keluarga cemara lg?
    Kalo keluarga cemara ada lg d salah satu stasiun tv indonesia,sy psti nonton.. :)

      • Saudara Raiz, waktu saya kecil dulu saya sering nonton film ini. cuma memang ga jadi penggemar.
        tapi karena kondisi sinetron indonesia saat ini sedemikian rupa. makanya muncul juga kerinduan akan film ini.

        yuk kita buat gerakan mendukung perbaikan acara sinetron nasional…

  27. ketemu anisa fujianti (ara) di facebook ga jauh beda ma ara yg dl dgn ciri tai lalat dibawah mata,, cuma bedanya dulu berambut bondol klo sekarang gondrong.. hahaha

  28. Saya mau komentar, bahwa Arswendo yg saya tahu memang penulis buku cerita KELUARGA CEMARA, tetapi ARSWENDO BUKANLAH PENCETUS DAN SUTRADARA PERTAMA KELUARGA CEMARA .. YANG SAYA TAHU, SUTRADARA EDUART PESTA SIRAIT (opung Edo) LAH PENCETUS SINETRON INI, KETIKA MENDAPATKAN BUKU-BUKU CERITA ANAK-ANAK KELUARGA CEMARA EMPERAN PASAR LOAK BUKU DI PROYEK SENEN DAN BUKU2 ITU SUDAH LUSUH … DAN EDUART PESTA SIRAIT (opung Edo) YANG MENGUSULKAN KEPADA ARSWENDO AGAR CERITA INI DIBUAT SINETRON DAN ARSWENDO ADALAH PRODUSER SINETRON INI. DAN EDUART PESTA SIRAIT (opung Edo) LAH YANG MENJADI SUTRADARA SINETRON KELUARGA CEMARA dari episode I s/d XIX. DAN EPISODE INI LAH YANG BOOMING DAN MENJADI RATING, DIPUTAR ULANG (RE-RUN) OLEH RCTI BERKALI-KALI.. DAN MAAF, SETELAH EPISODE2 INI MENJADI PUDAR, BAHKAN RCTI MEMUTUSKAN TAYANGAN INI, SEBELUM KONTRAK 100 EPISODE LANJUTAN. saya berani menulis ini, karna saya adalah Pimpinan Produksi (Production Manager) dalam pembuatan sinetron ini mulai episode I s/XIX, dan saya berani bertanggung jawab atas tulisan ini. Hasil editan Sinetron ini masih ada di rumah eduart pesta sirait (Opung Edo). kontak person saya, 085715583004. (LAMSIHAR PARDEDE)

  29. ada nggak kawan-kawan yang punya “mp3 ost keluarga cemara saat yang jadi emak adalah Novia Kolopaking” jadi bukan yang setelah dia. Trims. atas partisopasinya.

  30. The best sinetron ever…RCTI (or other TV Station) must re-run this sinetron at prime time to replace ‘junk sinetron’ that destroy family values…

  31. I don’t leave a leave a response, however I glanced through some responses on this page Kurindu Keluarga Cemara | Benny Nafariza Berbagi Cerita. I do have a few questions for you if you do not mind. Is it just me or does it give the impression like some of the comments appear like they are left by brain dead individuals? :-P And, if you are writing on additional places, I would like to follow you. Would you list of every one of all your social community pages like your Facebook page, twitter feed, or linkedin profile?

  32. Kapan Ɣª sinetron Ïπï bs ditayangkan lg? Sinetron skrg sama sekali g̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ mendidik. Bagi stasiun yg punya hak siar film ni tlng diputerin lg donk…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s