Every Body Wants To Be Understood And To Be loved


pertama Aku dengar kalimat di atas ketika mendengar salah satu hits dari Josh Groban. lantas aku berfikir apa makna dari kalimat tesebut. pada awalnya  jika berfikir secara ideal memang setiap orang ingin dimengerti,  setiap orang ingin orang mengerti siapa dirinya, apa kebiasaannya, keberadaannya, gagasannya,keinginannya dan sebagainya. kemudian dengan dimengerti setiap orang juga ingin tuk dicintai. smua itu merupakan fitrah yang tak mungkin dielakkan.hal inilah yang tergambarkan pada vidio klip dari hits josh groban inI.

Namun mengapa tetap terjadi perilaku-perilaku manusia yang tak berlandaskan pengertian dan cinta tersebut. masih banyak terjadi kekerasan, peperangan, kehancuran rumah tangga, peperangan dan sebagainya. setelah ku telaah, aku teringat tiga komponen yang terpendam dalam setiap diri manusia. disana ada akal, nafsu, dan hati. ternyata ketiga komponen inilah yang mempengaruhi manusia tuk berbuat, bertingkah laku, dan bertindak. namun apa saja pengaruh setiap komponen tersebut kepada perilaku manusia?

pertama adalah akal. akal manusia adalah bagian dari sitem dalam manusia yang mengerti langkah teknis dari perbuatan manusia. bisa dikatakan inilah bagisan eksekutor dari tingkah laku manusia. namun sebagai eksekutor akal membutuhkan masukan dan arahan. pihak yang memberikan masukan dan arahan inilah tugas dari hati. di hati inilah tempat kebenaran biasanya, sebab pada hatilah Allah memasukkan petunjuknya ke setiap manusia.dengan demikian jika manusia berlaku menuruti apa pertimbangan hatinya, maka bisa dikatakan orang tersebut telah melakukan kebenaran.

namun semua itu tak akan pernah terjadi, kebenaran itu takkan pernah terwujud jika manusia tidak punya dorongannya dalam dirinya.inilah tugas elemen nafsu pada diri manusia.namun manusia harus hati-hati pada nafsunya.sebab disinilah hal2 yang dapat menutup pintu kebenaran pada hati manusia berada.di sinilah bersemayam keegoisan diri manusia.keegoisan inilah yang menyebabkan manusia bertindak hanya mementingkan diri sendiri, merasa yang hidup di dunia ini hanya dirinya sendiri dan semua orang harus mencukupi segala keinginannya. jika keegoisann ini yang mendominasi manusia maka muncullah segala hal yang terjadi di atas.

mari sadarkan diri masing-masing bahwa diri kita di dunia ini tak sendiri.kita punya keluarga,teman,dan lingkungan.mereka juga memiliki keinginan yang sama dengan kita.

WANTS TO BE UNDERSTOOD AND TO BE LOVED

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s