Antara Wanita dan Betina


sempat terlintas d kepala ini kenapa manusia yang berjenis kelamin feminim disebut wanita tapi kalo binatang kok cuma disebut betina? ya pertanyaan ini sempat terpendam karena jawaban sendiri yang initnya mungkin wanita itu hanya bahasa untuk membedakan hewan dan manusia.

tapi beberapa waktu yang lalu secara tak sengaja  penulis menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut di sebuah buku yang sedang penulis baca. dalam buku tersebut d jelaskan secara gamblang apa persamaan dan perbedaan kata wanita dan betina.

kata wanita dan betiana berasala dari bahasa sansekerta yaitu bonita untuk wanita dan banita untuk betina. bonita itu punya arti mulia, cantik, dan berkepribadian. sedangkan banita punya arti makhluk bebas nilai.

dari definisi harfiah bisa disimpulkan persamaan antara wanita dan betina yaitu, memiliki sifat feminim. dan juga nampak juga perbedaannya yaitu keterikatan pada sistem nilai,wanita patuh pada sistem nilai dan betina tidak memperhatikan sistem nilai yang ada. seorang yang mengaku wanita akan sangat memperhatikan nilai yang berlaku dan mengikat dirinya dalam bertindak. mereka tidak akan berkelakuan semaunya tanpa memandang apa baik buruk dan halal haramnya langkah yang diambilnya.mereka memiliki akhlak yang indah dan menyenangkan orang, sehingga mereka memiliki kehormatan di mata masyarakat.begitu pula masalah hubungan seksualnya.mereka tidak akan melakukannya tanpa adanya ikatan pernikahan bukan hanya karena faktor suka sama suka.

lain halnya dengan betina. merka tak memandang nilai yang ada dan mengikat dirinya.merka menganggap diri mereka bebas melakukan segala hal asalkan mereka senang dan suka.dan begitu juga dalam seksualnya. mereka tak memandang siapa yang akan digaulinya.apaka itu suaminya,anaknya,cucunya,temannya atau yang lainnya.yang penting adalah merka suka sama suka.tentu kita sama-sama tahu hal ini dilakukan oleh binatang, maka pantas binatang disebut betina.

namun di zaman ini ternyata orang2 yang mengaku wanita banyak yang tak mengindahkan nilai2 yang ada.merka berkelakuan semaunya asal merka senang.dan juga yang paling trend adalah hubungan seksual akan halal cukup dengan hanya rasa suka sama suka tanpa ada ikatan yang tegas antara keduanya.

keadaan ini mirip seperti yang dipaparkan di atas mengenai betina.sehingga meraka mirip dengan binatang2 yang dibicarakan di atas. ya jadi dapat disimpulkan wanita di zaman sekarang jumlahnya sangat sedikit. sedangkan betina selalu meningkat jumlahnya.

oiii yang mengaku wanita, tanyakan diri anda sendiri, panggilan apa yang pantas untuk anda. Wanita atau Betina?

wahai wanita mengerti dan cintailah diri anda terlebih dahulu niscaya orang2 di sekitarmu akan mengerti dan mencintai dirimu.

understanding and love

11 thoughts on “Antara Wanita dan Betina

  1. aslm.. hehe.. satu yg kusuka dr blog kk ini,, postingannya bener2 bermanfaat.. ^_^

    mgkn aku ga bs ksh comment tuk semua artikel..
    untuk artikel yg ini yah k.. topicnya bener2 ngena banget..
    ckckck…

    btw.. kl misalnya skrg aku ditanya aku wanita atau bukan.. aku Insya Allah bs blg iya.. mudah tuk selamanya yah k..

    well, sbnrny aku ga ngerti apa2 ya k untuk hal ini.. tp setidaknya bbrp diantara kita sudah sadar mengenai hal ini dan……………. mdh2n kita bs jd slh satu dr bnyk org yg nantinya bs membawa perubahan yg bae… hehehe..

    btw, koq isinya tntg kaum hawa sih..??? sedang mendalami ya??? sedang mencoba mengerti kaum hawa..??😀 hihi

  2. wa’alaikumslam warahmatullahi wabarakatuh.
    wah vir aku jadi salting kamu bilang postingannya bermanfaat
    :”> :”>

    well, mudah2an kamu bisa istiqomah ya.
    bukannya aku sedang mendalami soal kaum hawa, ya sekedar cuma ingin tahu aja, kenapa WANITA INGIN DIMENGERTI?😀

    kan tema ku understanding and love ^^

    thx ya dah baca blogku dan beri commentnya. (walau sedikit ku paksa :D)

  3. kayanya c aku wanita. n semoga bisa jadi wanita seutuhnya.
    agak kurang enak juga ngebacanya.
    semua kayanya begitu dekat n begitu nyata n begitu tipis perbedaannya.

    aku ngga pinter ngasih comment nih.
    yang jelas tulisan2 kamu ngga sembarang tulisan. tulisan yang pasti punya nilai khusus didalamnya.
    walau aku kadang suka rada lemot mencerna tulisan2 orang.

  4. aku Aminin ven,moga2 kamu jadi wanita seutuhnya🙂

    ya namanya tulisan ga pernah sembarangan ven,soalnya bakal d baca banyak orang.jangan sampe buat orang2 tersinggung ^_^

  5. assalamualaikum.wr.wb

    kak aku tertarik banget baca artikel kakak yang ini,,
    andaikan artikel ini di sebarluaskan, dan banyak orang yang bisa baca,,
    bener banget, artikel ini benar2 bermanfaat,
    setelah membaca artikel ini, dilla jadi berfikir, dilla apa ya?
    insyaallah wanita, setelah membaca artikel ini dilla juga, jadi berkeinginan, untuk menjadi wanita yang lebih baik dain saleh.
    maaf commentnya sedikit..
    oh ya dilla juga mau bilang, kalo isi blog kakak,keren2 banget..

    wassalamualaikum.wr.wb

  6. wahhh aku malah takut ini d sebarluaskan. nanti dian sastro malah ikutan komment lagi,kan ntar geger semua orang :-p

    mudah2an kewanitaanmu istiqomah amin.:)

    wa’alikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

  7. parah nih yg ngasih komen cewek semua, kaco euy,,,
    sakti juga nih si bensot,,,

    Yah sebagai perwakilan dari laki-laki,
    dan juga karena disuruh si benny,
    jadilah gua mau ngisi komen nih,

    Isinya bagus ben,
    tp gaya nulisnya jgn sejaim itu ben =P
    yg lebih seru aja nulisnya, biar lbh menarik,
    gak perlu serius2 amat,,,

    oiya, kenapa wanita ingin dimengerti?
    jelas2 jawabannya ada di judul blog ini,,,

    btw, hebat jg banyak cewek yg ngisi komen di sini udah bilang mereka wanita,,
    hmm, dari pengalaman, pas ditanya
    “Udah jd wanita blom?”,
    Semua temen2 cewek dan adek gua yg cewek pasti diem dulu,,,
    trus… bilang gak tau ato gak yakin,,,
    padahal kalo dr definisi benny gua sih yakin mereka jg udah jd wanita,,, tp begitulah cewek,,, kenapa?

    karena mereka ingin dimengerti =P
    tapi cowok juga ingin dimengerti loh, jgn egois ye, hai para wanita,,,

    request dr gua ben, bikin tulisan kyk gini,
    “Laki-laki dan Jantan”—> nah loh gua bingung jg isinya apaan

    hehe, pjg yak, tp kan jrg2 gua isi blog lu ben,
    jd gpp ye

    Wassalam,
    Master Yodha

  8. wahhh thx a lot nih bro.
    kangen awak sama candaan enete yang sering garing😀😛.

    wah tuluisan gw jaim ya yod.ga sesuai sama gw pas dah ketemua,yang ngblak n rusuh😛
    gw sendiri juga heran yod kok tulisan gw serius amat,hahaha.
    tapi ga papa,berarti gw punya 2 kepribadian, :))

    ok deg yod request lo nanti gw coba buat.

    wa’alaikumsalam wr wb

  9. Ho…
    Tapi bukan wanita aja yang terikat sama nilai. Tetapi manusia dan bukan manusia. hamba Allah. Bahkan binatang pun terikat dengan Allah dengan segala sifat dan gerak yang dilakukannya. Bahkan jatuhnya daun pun itu adalah takdir dan sunatullah.
    Hanya saja manusia diberikan kebebasan olah Allah untuk memilih dengan akal dan hatinya. Tidak seperti betina yang patuh dengan instingnya.
    Go Insan!

  10. bismillah..aku adalah wanita
    bukan perempuan, bukan cewek juga bukan betina

    tapi kalo pulang ke palembang, aku dipanggil betino
    hahahaha

Leave a Reply

