Andaikan Idul Fitri Setiap Hari


Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

tak terasa tinggal 2-3 (mo ikut mana nih???) hari lagi idul fitru 1428 hijriyah akan tiba. sudah nampak kesibukan umat muslim untuk mempersiapkannya.dari pakaian, makanan, mudik, sampai mendekor ulang rumah dll.

selain itu suasana yang akan terjadi di hari ini pun sudah dapat kita bayangkan.akan ada ramah tamah di mana-mana.orang2 akan saling meberi, anak2 begitu ceria hilir mudik mengunjungi para tetangga dan bermain dengan temannya.semua orang akan saling mengucapkan salam dan cengkrama dengan senyum ditersungging d bibir mereka.huhu memang suasana yang begitu menyenangkan.

namun kalau boleh bertanya,mengapa hal2 tersebut hanya ada pada momen ini saja? mengapa orang-orang hanya bersikap begitu ikhlas pada hari ini saja???? kemana keikhlasan dan ketulusan ini di hari2 yang lain??? apakah cinta di diri manusia hanya muncul pada momen tahunan ini???? begitu banyak pertanyaan yang akhirnya muncul.

rasa cinta pada diri manusia adalah suatu fitrah.sikap saling memberi dan saling berbagi merupakan sunnatullah.tapi memang di satu sisi ada bagian dir manusia yang menghalangi kefitrahan ini.MANUSIA SERAKAH dan LOBA.

oleh karena itu semoga di idul fitri ini bisa jadi momen kita bersama terutama untuk umat muslim untuk menghadirkan kefitrahan ini dikeseharian kita dan membelenggu segala keserakahan dan loba yang ada pada diri kita. sehingga tercipta suasana idul fitri di keseharian kita dan akhirnya dunia ini akan indah karena dipenuhi cinta oleh makhluknya.Tuhjukkan bahwa manusia diutus Allah sebagai pembawa rahmat Allah bagi alam semesta.

ketupat lebaran

for understanding and love🙂

18 thoughts on “Andaikan Idul Fitri Setiap Hari

  1. ” mengapa orang-orang hanya bersikap begitu ikhlas pada hari ini saja???? kemana keikhlasan dan ketulusan ini di hari2 yang lain??? apakah cinta di diri manusia hanya muncul pada momen tahunan ini???? ”

    setuju.
    tapi bungben. bersyukurlah.
    dengan adanya momen lebaran, nilai keikhlasan, cinta, dan ketulusan bisa terrecharged.
    bayangkan momen ini tidak dirayakan seperti yang bungben sebut di atas,
    mungkin nilai-nilai itu menjadi hal yang tabu untuk diungkapkan atau bahkan sudah lama sirna x)

  2. @anis : “dengan adanya momen lebaran, nilai keikhlasan, cinta, dan ketulusan bisa terrecharged.
    bayangkan momen ini tidak dirayakan seperti yang bungben sebut di atas,
    mungkin nilai-nilai itu menjadi hal yang tabu untuk diungkapkan atau bahkan sudah lama sirna x)”

    semoga ya Nis🙂

  3. stuju ma mbak/mas anis.. biarpun sekali setaun, at least ada suatu saat dimana kita bisa bersyukur.. tinggal berharap aja, tiap taun itu, ada orang2 yg sadar: knapa gw ngelakuin ini cuma pas lebaran aje? knapa ga gw lakuin sebulan sekali, seminggu sekali, ato bahkan tiap hari?? perubahan butuh proses, dan proses butuh waktu :p yg mesti digarisbawahin, trend orang untuk jadi lebih baek itu lebih gede daripade jadi lebih buruk.. apalagi jaman skarang, heuheheuheu😀

  4. @-f2- : hmmm semoga ya bung ferry.tapi kurang setuju kalo trend sekarang itu orang menuju kebaikan.
    sebab peluang saat ini melihat contoh kebaikan itu semaikn berkurang bung fer.
    so berdoa aja semoga kebaikan semakin melebar. Amin

  5. keadaan sosial skarang memicu orang untuk cari ketenangan ben, ajaran2 agama mulai dilirik, walopun bukan cuma islam pilihannya, tapi ya poin pentingnya ya itu, banyak yg “tobat”😀

  6. @-f2- : hmmm ya memang keadaan yang aku lihat di masyarakat sekarang saat ini mencari nilai spiritual mereka, yang sebenarnya sudah ada dalam agama. tapi ga semua nganggap nilai itu ada di ajaran agama. tapi ada realitanya juga fer(ini bukunya baru gw baca tadi pas perjalanan ke Bandung). dalam pencarian mencari nilai spiritual itu. Tidak sering orang2 itu malah melihat contoh yang salah atau diarahkan kepada jalan yang sesat.
    nauzubillahiminzalik, seperti teman kita fer.

  7. gw disuruh ngasihkomentar
    tapi gw bingung mau ngasih komentar apa coba
    yang jelas idul fitri itu stahun skali…!!!!
    sesuai dengan namanya, i’dul Fitr
    I’dul = kembali
    Fitr = buka
    Fitr disini menggunakan “ta”, bukan menggunakan “tha”. yah lo tau lah, artinya yang pake “tha” itu baru yang artinya suci, sementara klo “ta” berarti buka. Jadi maksud i’dul FItr aslinya adalah kembali berbuka. Ini sesuai dengan perkataan(nash) dari sahabat Ibnu ‘Abbas Radhiallahu’anhu, yang menyatakan bahwa idul fitr itu merupakan sebuah hari dimana kita berbuka setelah selama 1 bulan kita berpuasa.

    Jadi intinya pendapat lo tentang klo idul fitri pengennya tiap hari, maka harusnya disudahi dengan berpuasa Ramadhan terlebih dahulu.
    Nah klo dipikirkan, kalau anggapan setiap hari adalah puasa Ramadhan (menurut ra’yu aja) maka itu sungguh berat, kita ketahui kalau puasa maka hubungan suami istri ga boleh dilakukan di siang hari, sementara Rasulullah Shalallahu’alaihi wassalam melakukan hubungan suami istri itu pada siang hari (gw lupa bunyi hadistnya, yang jelas hadist riwayat muslim dengan sanad yang shahih).

    Nah gw sih ga stuju klo tiap hari adalah hari idul fitr. Ganti itu judulnya oi!!!!
    wkwkkww

  8. @zam : wah terima kasih bgt atas infonya,yang semoga menjadi ilmu bagi orang2 yang membaca blog ini.

    tapi kalo masalah judul, ga perlu di ganti. sebab ya pengetahuan orang2 itu.
    nah dengan adanya info dari lo ini,nah mereka bisa tercerdaskan.ok bro

  9. waa,, baru tau kalo ternyata Idul Fitr itu pake ta bukan tha. lumayan ngaruh juga kalo gitu… mistransliterasi berarti,, hmm…

  10. @Zam

    gw disuruh ngasihkomentar
    tapi gw bingung mau ngasih komentar apa coba
    .
    ..
    ….
    Nah gw sih ga stuju klo tiap hari adalah hari idul fitr. Ganti itu judulnya oi!!!!
    wkwkkww

    diancam apa sama Benny?😀 lah bukannya itu udah ngasih komen, Zam?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s