Pelajaran dari Bulan dan Bintang di kota jakarta


bismillahirrahmanirrahim

Pernahkah kawan menikmati keindahan langit malam di kota yang bernama Jakarta? Pemandangan langit dimana bintang-bintang bertaburan dan kelap-kelip indah menemani keperkasaan rembulan dalam menyinari malam di bumi Allah ini. Tentu kawan akan menjawab hal tersebut hampir menjadi suatu kemustahilan di langit kota jakarta yang penuh akan polutan ini.

kesunyian langit malam kota jakarta seing kita sayangkan. akibat perbuatan manusia yang begitu boros menggunakan bahan bakar dalam segala kegiatannya mengakibatkan keindahan alam yang merupakan anugerah Allah subhanallahu wata’ala lenyap dan dicabut keberadaanya dari kota Jakarta.apakah ini suatu azab bagi penduduk Jakarta? wallahua’alam. namun belum terlambat bagi warga kota jakarta untuk mengembalikan keindahan langit malam kota ini. so let start from our selves and do what we can do to make jakarta better.

tapi dari kesunnyian tersebut terungkaplah suatu pelajaran yang perlu kita renungi.dilangit jakarta yang kotor rembulan tetap berjaya menerangi malam kota ini.sedangkan bintang-bintang tiada nampakkehadirannya. mungkin sebagian besar kawan akan merespon dengan “ya iyalah, bulan gede sedangkan bintang ukuranna kecil jauh pula”. ya respon itu memang suatu fakta. tapi coba kita beranalogi sedikit.

pertama mari kita analogikan cahaya yang diberikan ke dua benda langit tersebut ke bumi ini dengan besarnya niat yang dimiliki seseorang. suatu niatan yang besar dalam melakukan sesuatu akan jauh lebih tahan terhadap segala rintangan dan keadaan yang tidak mendukung,hal ini dicontohkan rembulan yang tetap berjuang memberikan sinanrnya meski langit mendung sedangkan bintang menampakkan niat yang tidak sungguh-sungguh dan akhirnya sedikit timbul rintangn langsung give up.

kedua analaogikan jumlah rembulan dan dan bintang sebagai jumlah fokus yang kita miliki. seseorang yang memilki fokus terlal banyak akan memberikan effort yang kecil pada setiap fokusnya. seperti yang terjadi pada bintang bertebaran dimana-mana tapi tidak memberikan pencahayaan yang signifikan di langit malam. lain halnya dengan bulan yang fokus pada satu titik namun hasilnya mempengaruhi lingkungannya.Jangan takut jika kita hanya fokus pada satu bidang dan merasa tidak punya andil di bidang kehidupan lain. semua bidang kehidupan saling terkait dan mempengaruhi.jika kita tidak fokus pada bidang kita niscaya bidang kehidupan lainnya akan melemah.

ketiga berbuatlah kepada lingkungan yang terdekat.rembulan telah mencontohkan dimana dia memberikan sinarnya kepada bumi benda langit terdekat darinya sehingga bumi benar2 merasakan manfaatnya dan rembulan menjadi begitu manfaat bagi bumi sedangkan bintang yang sebenarnya memiliki keuatan yang besar namun karena mencoba memberikan kepada orang-orang yang jauh, manfaatnya tidak begitu besar dan banyak yang termubazirkan.

ketiga hal tersebutlah yang mungkin kita bisa ambil dari langit jakarta yang bisa kita terapkan dalam kehidupan kita. dan tentu saja menjadi poin kita untuk terus menjadikan kota jakarta menjadi lebih baik.bisa kita simpulkan seperti apa yang akan memberi manfaat besar yaitu

“Curahkanlah segala kekuatan kita untuk menjadikan lingkungan terdekat kita terus membaik”.

met ultah untuk kota Jakarta.

for love and understanding

One thought on “Pelajaran dari Bulan dan Bintang di kota jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s