Integritas Terhadap Identitas Bangsa (1)


Bismillahirrahmanirrahim

Beberapa tahun terakhir ini, di kampusku jumlah mahasiswa asing semakin banyak terutama untuk beberapa fakultas dan sekolah. Entah bagaimana dengan kampus kawan-kawan semua, mungkin kampusku sudah go international seperti yang sering-sering disebutkan bapak rector di kampusku, “kita akan menuju research university”, seperti itulah kira-kira beliau berkata.
Di tulisan ini aku tidak akan membahas apakah benar impian research university tersebut sudah mulai terlihat. Akan tetapi aku mencoba memperhatikan kawan-kawan kita dari beberapa negera tetangga tersebut.
Memang kebanyakan mereka masih sulit untuk berbaur dengan mahasiswa pribumi seperti aku ini (beda sekolah/fakultas dan kelas juga sih, hehehe). Mereka masih berbaur dengan kawan-kawan dari kalangan mereka sendiri meskipun tidak menutup kemungkinan untuk tetap bergaul dengan kawan-kawan pribumi.
Akan tetapi, yang menarik adalah mereka selalu menunjukkan identitas negeri asalnya. Banyak cara mereka menunjukkan identitas negerinya. Bisa dengan mengenakan pakaian khas dari negeri asalnya meskipun itu tidak lazim dengan pakaian kawan-kawan di kampusku. Mereka juga selalu menggunakan bahasa ibu mereka di setiap kesempatan mereka berkumpul sehingga bagi kawan-kawan yang ingin memepelajari bahasa mereka dapat langsung bergabung ketika mereka berkumpul (sok2 ngerti padahal roaming hehe).
Dan yang serunya, mereka juga sering mengadakan kegiatan yang di sana mereka memperlihatkan budaya serta ke khasan negara asal mereka. Seperti tarian, musik, dan makanan. Dan uniknya mereka sebenarnya tidak memilki kemampuan menari, memainkan music, dan membuat makanan khas negeri mereka. Namun mereka tetap mencoba untuk mempelajari dan menunjukkan kepada kawan-kewan pribuminya meskipun akhirnya semua terlihat sederhana, namun tetap dapet feel-nya.
Bahkan beberapa kawan dari negeri-negeri yang sering mencuri budaya serta karya bangsa negeri kita (Indonesia –red), mereka dengan bangganya menceritakan dan memamerkan budaya dan karya bangsa kita serta menglaim bahwa itu adalah budaya bangsanya padahal menjelaskan asal usulnya saja mereka tidak mampu (memangnya kita mampu??). namun over all itulah gambaran betapa integritas kawan-kawan dari negeri luar itu terhadap bangsanya begitu tinggi. Bagaimana dengan kita??-bersambung…

4 thoughts on “Integritas Terhadap Identitas Bangsa (1)

  1. ben tampaknya lu sibuk banget ya..

    ITB berkeinginan jadi world class university dan itu bagus.
    ben tapi bukannya kita juga ya, buktinya baru menang lomba di jepang, itu salah satu cara juga. Trus berapa banyak unit kebudayaan dyang ada di ITB, bukannya itu juga bisa disebut usaha menjaga integritas budaya mereka. lalu apa yang salah ketika ternyata masih banyak perang antar suku di indonesia sebelah timur sana?

  2. kalo soal word class itu jelas itu juga jadi impian kita sebagai mahasiswa adn bangsa. namun kan jangan terpaku pada targetan word class tadi dengan mengenyampingkan masyarakat.

    coba kita baca sejarah perkembangan universitas2 top dunia. bagaimana awalnya mereka membangun.

  3. tidak usah jauh2 bermimpi jadi world class, kalau kita masih tidak malu menjadi bangsa yang senang menengadahkan tangan. maksud gw, dalam menjadi world class, dibutuhkan suatu karakter seorang juara dan penuh berakal budi yang baik, dan sesuai dengan kebutuhan bangsanya sendiri.

    Tapi keren juga ya kalau jadi world class university,hehe..

    BEn ko lama banget bales komen gw?, sibuk banget nih yee..hehe

  4. jadi world-class university, itu udah visinya ITB… sedih aja sih klo bahkan mahasiswanya sendiri nggak tau bahwa itu jadi visi ITB… mohon lebih banyak internalisasi lagi ke massa yah…

    dan klo bisa koordinasi ke rektorat untuk sama2 mewujudkan visi tersebut… karena KM-ITB pasti harus punya bagian untuk mewujudkan visi tersebut…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s