Seperti Matahari by bang iwan fals


Seperti Matahari

keinginan adalah sumber penderitaan
tempatnya didalam fikiran
tujuan bukan utama
yang utama adalah prosesnya
kita hidup mencari bahagia
harta dunia kendaraannya
bahan bakar budi pekerti
itulah nasihat para nabi

ingin bahagia…
derita di dapat
karena ingin…
sumber derita
harta dunia
jadi penggoda
membuat miskin
jiwa kita

ada benar nasihat orang-orang suci
memberi itu terangkan hati
seperti matahari
yang menyinari bumi 2x

2 hari yang lalu saya dikenalkan lagu ini oleh seorang kawan baru yang cukup nyentrik. Tapi setelah mendengarnya, diri ini langsung tertarik dengan untaian lirik yang dilantunkan oleh bos OI ini. Intinya adalah sebagai berikut:

keinginan => derita

kedermawanan => pelita jiwa

jika kita tolok kepada kehidupan realita, pernyataan bang iwan sangat ada benarnya. seluruh manusia di dunia ini memilki keinginan-keinginan yang ingin terwujud. kalo kata doraemon:

aku ingin begini…
aku ingin begitu…
ingin ini ingin itu
banyak sekali…

ya keinginan manusia tanpa batas. ketika satu keinginan tercapai, maka keinginan yang baru akan datang dan begitu seterusnya. kalo diikuti terus keinginan tersebut tak ada waktu bagi manusia tersebut untuk menikmati keinginan dia yang sudah tercapai sebelumnya. yang ada hanya kejar, dan kejar lagi segala keinginan yang terus bermunculan. sehingga tak ada nikmat yang dirasa. Maka sangat benar sekali ajaran rasul yang mengajarkan kita untuk banyak-banyak bersyukur, sebab dengan rasa syukur itu kita dapatkan kenikmatan atas segala jerih payah kita.

dan sering-sering lah memberi, karena memberi memberikan kepuasan batin kita akan perbuatan kita. manusia butuh sarana untuk mencurahkan berasa berbagi. karena fitrah manusia makhlik sosial. jiwa manusia terus mencari suasana yang harmonis dankeharmonisan dapat dibangun ketika manusianya saling memberi manfaat satu sama lain. saling membantu sehingga satu sama lain saling terbangun. tidak ada yang jatuh menjatuhkan yang menghabiskan tenaga. sebab tidak ada kemenangan dalam pertikaian. satu pihak jadi abu dan pihak lainnya jadi arang. kehancuran yang timbul.

maka kawan…lirik ini mengajak kita meredam keinginan-keinginan kita yang terus memburu. tingkatkan lah rasa syukur sehingga kita dapat menikmati kehidupan di dunia yang singkat ini, dan saling berbagi kenikmatan lah karena kenikmatan tak akan terasa dan berkah jika kita membiarkan lingkungan kita tertindas dan menderita.

tiap hari kita berdoa meminta kehidupan yang bahagia di kehidupan dunia yang singkat dan di kehidupan akhirat yang abadi. dan pesan dari bang iwan ini insya Allah bisa menjadi salah satu kunci. so lets try guys!!

for love and understanding

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s