ITB Membangun Budaya Bangsa


ITB memang memiliki berbagai potensi yang sangat bermanfaat untuk kehidupan berbangsa dan bernegara. Mulai dari potensi akademik non-akademik. Hal ini juga didukung dengan kemampuan kreativitas mahasiswanya diberbagai bidang yang nampak dari variasi unit kegiatan mahasiswa ITB serta komunitas-komunitas keprofesian dan teknologi yanga ada.

Salah satu bidang yang begitu menarik adalah bidang seni budaya. Hampir seluruh kesenian budaya bangsa coba dilestarikan dan dikembangkan di kampus Ganeca ini. Mulai dari kesenian tari, musik, sampai teater. Unit-unit kemahasiswaan dibidang kesenian ini sering kali menampilkan keterampilan dan kreasi mereka dalam kesenian daerah ini diberbagai kegiatan internal ITB maupun eksternal. Bahkan tidak jarang mereka juga tampil di ajang internasional. Dan tentu mereka selalu mendapat sambutan yang meriah di setiap penampilan mereka. Selain itu mereka juga sering mengadakan pergelaran secara mandiri. Bahkan di tahun 2010 ini ada dua agenda kesenian besar yang akan berlangsung di ITB. Pentas Seni Budaya ITB dan Pasar Seni ITB.

Tentu hal di atas menunjukkan ITB mampu untuk memandu masyarakat bangsa Indonesia untuk membangun kesadaran berbudaya di masyarakat yang selama satu dekade ini mengalami erosi besar-besaran akibat pengaruh media yang ada. Dan tentu saja yang menjadi ujung tombaknya adalah mahasiswa ITB sendiri.

Langkah awal yang bisa dilakukan mungkin dibangunnya suatu lembaga Seni dan Budaya ITB yang menghimpun seluruh potensi dari unit-unit kebudayaan ITB. Lembaga ini yang melalui program-programnya akan menjembatani masyarakat dengan mahasiswa ITB. Program-program bisa seperti pelatihan kesenian daerah kepada masyarakat, pementasan kesenian, diskusi dan riset budaya, pelatihan kerajinan daerah dan masih banyak bentuk program yang bisa kita kembangkan.

Banyak keuntungan dengan adanya lembaga ini selain tujuan di atas. Jika dikelola dengan professional, lembaga ini dapat menghasilkan dana yang tentu saja bisa menjadi salah satu jalan mahasiswa ITB untuk membangun kemandirian. Bisa juga dana yang berhasil dihasilkan bisa mendanai program-program ITB dan tentu saja program-program kemahasiswaan ITB lainnya.

Harapannya dengan adanya dua kegiatan besar di bidang seni dan budaya di tahun 2010 ini di ITB, bisa menjadi batu loncatan kemahasiswaan ITB untuk melangkah kepada impian seperti di atas. Bukan sekedar kegiatan yang tujuannya hanya menunjukkan eksistensi.

Ingat kawan, masyarakat kita kebanyakan sedang bingung dengan jati diri mereka. Semoga ITB dengan potensi yang ada bisa menjadi pelita kebingungan mereka. Yuk kita mulai kawan!!!

PSB ITB 2010 Langkah awal membangun kembali jati diri budaya bangsa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s