Fardhu Kifayah Orang-orang yang berilmu (mahasiswa)


bismillahirrahmanirrahim

Bisa menikmati bangku kuliah merupakan suatu kenikmatan tersendiri bagi seseorang meski ketika menjalaninya juga akan ditemukan kejenuhan-kejenuhan yang menghiasi perjalanannya dalam menempuh pendidikan. Bisa berinteraksi dengan kalangan intelektual dan berdiskusi mengenai berbagai fenomena ilmiah, fisik, sosial, maupun logika. Belum lagi peluang dan akses yang begitu luas dan tersebar, tentu saja membuat orang-orang yang mendapatkan kesempatan itu optimis akan masa depannya. Gaji yang besar, pangkat yang tinggi, dan kehidupan yang sejahtera sudah terbayang di benak masing-masing mereka.

Tapi tahukah kawan apa kewajiban bagi orang yang berilmu? kebanyakan kita terlalu terbuai dengan bayangan-bayangan optimistis di atas. Semua bayangan di atas kebanyakan berorientasi kepada apa yang akan kita dapatkan. Bahkan sampai mahasiswa aktivis yang gambarannya adalah mahasiswa yang peduli dengan masyarakat juga berfikir arogan bahwa mereka lah yang berjuang membela rakyat dalam menentang ketidakadilan. Namun nyatanya hak rakyat apa yang didapatkan oleh rakyat samapi saat ini belum jelas di mana rimbanya.

Kebanyakan manusia memang selalu menuntut haknya dan sering melupakan kewajibannya. Bagitu juga dengan kebanyakan para penuntut ilmu. Mereka hanya terus menuntut ilmu yang mereka butuhkan demi untuk kepentingan pribadi dan keluarga. Padahal banyak kewajiban-kewajiab umat yang dibebankan dipundak mereka. Islam menyebutnya dengan Fardu Kifayah. Suatu kewajiban yang bebannya dibebankan kepada satu umat atau bangsa namun diwakilkan kepada segelintir orang yang diberikan amanah untuk menjalankannya. Dan menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satunya.

Fardhu kifayah bagi seroang penuntut ilmu tidak sebatas dia menjalankan perannya untuk menuntut ilmu. Justru kewajiban utamanya adalah mengimplementasikannyauntuk kepentingan umat dan bangsanya serta paling utama adalah mengajarkannya kepada masyarakatnya agar masyarakatnya terlepas dari kebodohan dan kemiskinan ilmu pengetahuan.

Ilmu pengetahuan diciptakan Allah bukanlah untuk segelintir orang, namun untuk kebaikan seluruh umat manusia. Maka ketika ilmu pengetahuan disembunyikan oleh para penuntut ilmu seagai aset pribadinya untuk kepentingan dirinya maka akan terjadi ketidak seimbangan di muka bumi. Kita lihat bagaimana kondisi saat ini dimana si pintar semakin membuat orang-orang yang bodoh semakin bodoh. Muncullah berbagai permasalahan sosial dan kehidupuan umat manusia seperti yang terjadi saat ini. Maka celakalah bagi para penuntut ilmu yang kikir.

Sebagai mahasiswa kita perlu benar-benar memperhatikan amanah fardhu kifayah kita ini. Saat ini kita sering memprotes kebijakan dan oknum pemerintah yang pro-kapitalisme dan liberalisme. Padahal kebanyakan kita juga bersikap demikian. Kita memprivatisasi keilmuan kita dan tidak mau mengajarkannya kepada masyarakat kita merupakan bagian dari perilaku pro-kapitalisme dan liberalisme yang tidak ada bedanya dengan para pejabat yang kita maki kawan.

Teringat pesan seorang professor yang dekat dengan saya, keberadaan ilmu pengetahuan mustinya meningkatkan derajat manusia seperti apa yang dikatakan Allah dalam kitab sucinNya. Tentu saja keberadaan suatu universitas sebagai lembaga yang terus menggali ilmu pengetahuan dan teknologi juga meningkatkan derajat bangsanya karena universtas melahirkan kita para mahasiswanya sebagai agen-agen dalam menyebarkan ilmu pengetahuan kepada masyarakatnya dan membangun bersama masyarakt.

Memang mutlak kebenarannya ajaran dari manusia paling terpuji Muhammad Salallahu’alaihiwassalam kepada seluruh umat manusia bahwa perbuatan yang paling mulia adalah menuntut ilmu dan mengajarkan ilmu pengetahuan tersebut. Sebab ilmu bukanlah kekayaan yang akan habis dibagikan justru akan terus berkembang dan membawa kemaslahatan agi seluruh umat manusia sampai akhir zaman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s