Alangkah Lucunya Negeri Ini


Ya! Memang judul ini merupakan judul suatu film Indonesia yang sudah lama saya ingin tonton. Diperankan oleh Reza Rahadian sebagai seorang yang telah menjalani pendidikan sampai akhirnya mendapat gelar sarjana. Namun sayangnya dia mendapat tantangan berat dari lingkungannya bahwa pendidikan akan menjadikan harkat hidup seseorang menjadi mulia.

Mungkin banyak dari kita yang juga merasakannya. Sudah sarjana lantas apa hasilnya? Kerja di mana? Berapa gajinya? Pertanyaan itu yang sering dipertanyakan sebagai tolok ukur keberhasilan dari sutu pendidikan. Dan ketika dirasa jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak terjawab dengan memuaskan, maka dikatakan bahwa “dia” gagal. Dan itulah yang dialami oleh tokoh Muluk dalam film ini. Dan tidak mungkin banyak dari yang mengalaminya dalam kehidupan nyata.

Pendidikan mestinya bisa menjadikan hidup orang lebih baik. Mengetahui mana yang benar dan mana yang salah. Dan berikutnya diberikan kebebasan untuk memilih. Setidaknya itu yang ingin diajarkan oleh Muluk dkk kepada para kawanan pencopet cilik tersebut. Meski akhirnya mereka mengalami dilemma yang membuat mereka mundur.

Tentang kebebasan memilih ini lah yang menjadi poin penting. Orang yang berpendidikan banyak yang menjadi koruptor. Sangat jelas itu merupakan hal yang salah. Sedangkan para pencopet tidak punya pilihan yang akhirnya memaksa mereka menjadi pencopet. Begitulah film in menganalogikan.

Oleh karena itu jangan sampai bangsa kita terjebak kepada kondisi yang tidak memiliki pilihan. Bangsa kita harus menjadi bangsa yang terdidik sehingga memilki banyak pilihan. Tapi jangan sampai terlupa akan hal keimanan. Sebabi keimanan lah yang akan menyelamatkan orang-orang yang terdidik untuk memilih jalan yang benar dan menjauhi jalan yang salah.

Bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki Pendidikan (IPTEK) dan memegang teguh keimanan (IMTAK).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s