Festival Anak Soleh Cinta Lingkungan (FASCaL) 2010


Bismillahirrahmanirrahim

Akhirnya insya Allah minggu tanggal 19 Desember 2010 Asrama Beastudi Etos Bandung menyelenggarakan FASCAL sebagai kegiatan penutup pembinaan di tahun 2010. Kegiatan yang berupa kompetisi di berbagai bidang untuk siswa-siswi tingkat SD dalam penguasaannya ilmu keterampilan agama ini mengangkat tema lingkungan. “Kita sambil mencoba mengampanyekan cinta lingkungan kepada anak-anak Bandung sejak kecil”, seperti itulah kira-kira jawaban para panitia yang merupakan penerima Beastudi Etos jika ditanya kenapa tema ini diangkat.

Sebenarnya di beberapa daerah Beastudi Etos lainnya kegiatan ini juga sudah dilaksanakan dengan nama yang agak sedikit berbeda. Dan alhamdulillah pesertanya selalu ramai dan bahkan melewati jumlah targetan. Antusiasme ini tentu menunjukkan bahwa jiwa-jiwa bersih dari anak-anak Indonesia haus akan pendidikan agama dan akhlak yang mulia.

Sayangnya kehausan anak-anak ini jarang yang terfasilitasi. Pendidikan agama dan akhlak di sekolah diakui sungguah sangat kurang. Bahkan banyak yang beranggapan lingkungan sekolah banyak yang tidak baik untuk pendidikan anak. Sekolah justru menjadikan jiwa anak-anak yang semula ini bersih dan murni menjadi jiwa yang kasar dan kotor. Tidak bisa menuntun mereka untuk menjauhi hal-hal yang buruk. Akhlak pun jauh dari mulia. Kata yang terucap, perbuatan yang dilakukan sikap yang ditampilkan tidak menunjukkan orang terdidik. Bahkan anak-anak yang tidak mengenyam pendidikan tidak seburuk kelakuan anak-anak sekolahan saat ini.

Tentu ini menjadi “PR” masyarakat bersama dan menjadi tugas utama pemerintah. Beastudi Etos Bandung melalui FASCaL ini mungkin menjadi salah satu langkah awal dalam kontribusi melakukan pendidikan dan pembangunan akhlak anak-anak di masyarakat Bandung. Semoga bisa berimbas kepada lingkungan yang lebih besar lagi dan menginspirasi elemen masyarakat lain untuk mengambil peran dalam tugas mulia ini.

One thought on “Festival Anak Soleh Cinta Lingkungan (FASCaL) 2010

  1. Assalamualaikum, Bang Ben. Btw, ane baru tahu kalo Bang Ben posting di blognya waktu mau FASCaL. Emang super, Bang😀 dukung terus ETOS untuk terus produktif dan bermanfaat. More than excellent!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s