Alunan Musik Bambu


Bismillahorrahmanirrahim

Sore ini saya mendatangi Saung Angklung Udjo yang merupakan pusat kerajinan angklung di kota Bandung, dan mungkin di Indonesia. Kebetulan saya ada meeting dengan salah satu staf di sana. Meeting kami diadakan pukul 14.00 namun karena saya datang agak lebih awal, akhirnya saya menunggu di teras dari toko souvenir di sana.

Namanya saung angklung, pasti identik dengan bambu. Dan begitulah Saung Angklung Udjo.Hampir di setiap sudut pekarangannya ditanami batang-batang bambu yang menjulang dan rimbun. Suasana begitu sejuk dan nyaman. Kepala saya yang sedang migrain ringan pun akhirnya reda dan kembali nyaman.

Akhirnya saya menikmati suasana di sana yang berangin sepoi-sepoi. Di tambah lagi alunan musik alam nan indah gesekan-gesekan bambu serta daunnya akibat diterpa angin. Sungguh indah musik alam ini. membuat fikiran tenang dan segar kembali. Saya pun takjub ketika sayup-sayup terdengar suara angklung yang goyang juga akibat angin. Ohh…indahnya alunan musik alam ini. Subhanallah…

Leluhur suku sunda pun juga tidak kalah menakjubkannya. Kata siapa budaya bangsa Indonesia selalu tertinggal dari bangsa-bangsa lain. Tak mungkin leluhur kita bisa menciptakan alat musik angklung tanpa ilmu pengetahuan. Mereka menciptkan nada-nada dari batang bambu yang indah-indah. bahkan nada-nada yang tercipta memilki tangga nada yang khas. Tidak seperti tangga nada yang diciptakan oleh komponis di negeri eropa. Tangga nada yang tercipta dari angklung ini lebih variatif dan tidak monoton pada 8 nada pada setiap tangga nadanya. Begitulah kata Sujiwo Tejo pada suatu kesempatan.

Saya bukanlah seorang yang ahli dan mengerti musik.Tapi ketakjuban hati ini akan musik alam yang sore tadi saya rasakan mendorong saya untuk berbagi cerita kepada kawan. Betapa mahapenciptanya Allah sang khaliq, dan betapa majunya budaya leluhur kita.

sumber gambar: http://dreamindonesia.wordpress.com dan http://yohansalman.com

Leave a Reply

