Galat oh Galat


Bismillahirrahmanirrahim

Adanya suatu cacat pada suatu produk yang kita disain pada proses manufacturing biasanya disebut galat. Makin kecil nilai galat pada suatu proses manufacturing, makin baik proses manufacturing tersebut. Namun bagaimana rasanya kita yang menjadi user dari suatu produk “ketiban sial” mendapatkan produk cacat tersebut.

Beberapa hari yang lalu saya baru saja mendesign suatu “board” sistem minimum AVR dengan MCU atmega16 dengan koneksi usb ke komputer. Saya langsung cetak 3 boar saat itu. Kemudian setelah board dicetak, saya dan teman melakukan mounting.

Sialnya langsung pada board pertama yang kami mounting design yang tersebut tidak bekerja. Setelah troubleshooting ternyata pada konektor USB type B terjadi “short” di 2 pinnya. Namun setelah kami perbaiki solderan timah yang ada. ternyata tetap saja terjadi “short”. Setelah berkutat selama beberapa waktu, ternata short terjadi pada “footprint” yang dicetak.

Akhirnya terbuanglah satu set komponen yang sudah dimounting. Waktu pun juga terbuang. Tapi apakah sia-sia? tentu saja tidak. Justru ini menambah pengalaman dan pengetahuan saya pribadi dalam dunia elektronik yang saya saya geluti ini.

semangat berkarya.

Leave a Reply

