Sembilan Tipe Jendral Berbakat


Bagi pecinta kisah-kisah perang, sering kita terinspirasi dan terobsesi oleh oleh aksi-aksi heroik para panglima dan jendral perang. Bagaimana taktik perang mereka, kejelian mereka membaca strategi musuh, membakar semangat pasukan, mengambil keputusan dalam keadaan terdesak, dan masih banyak lagi yang kisah-kisah menarik dari aksi para jendral.

Salah satu kisah perang yang banyak digandrungi adalah kisah peperangan china yang terangkum pada kisah Three Kingdom. Salah satu ahli strategi perang yang terkenal adalah Zhuge Liang. Ddalam salah satu bukunya yang berjudul Jiang Yuan, dia membeberkan tipe-tipe jendral yang berbakat. berikut adalah tipe jendral tersebut.

Ada Sembilan Tipe Jendral Berbakat:

  1. Menggunakan dirinya sebagai contoh untuk mengedukasi tentaranya, menggunakan regulasi dan peraturan untuk mengorganisir subordinatnya, memperlakukan pasukannya dengan hormat, perhatian dan peduli terhadap pasukannya dan mau berbagi kesusahan dan kesenangan terhadap pasukannya. Merupakan jendral yang murah hati (benevolent).
  2. Orang yang bertindak dengan memperhitungkan jangka panjangnya, tidak gegabah, tidak korup dan memilih untuk mengorbankan dirinya untuk kebaikkan martabatnya daripada hidup dalam kemaluan, Merupakan jendral yang bermoral (righteous).
  3. Menduduki posisi yang tinggi dan tidak arogan, memiliki banyak prestasi dan tetap sederhana, bermoral tinggi dan mau mempersilahkan bawahannya, berprinsip namun mampu mengakomodasi. Merupakan jendral yang terhormat (respectable).
  4. Menggunakan banyak strategi yang tidak mudah diantisipasi dan mampu membalikkan krisis atau bahaya menjadi kesempatan. Merupakan jendral yang bijak (wise).
  5. Loyal dan menjaga janjinya, menghukum dan memberikan penghargaan bawahan dengan tepat, menilai sesuai dengan prestasi dan kesalahan yang dilakukannya. Merupakan jendral yang jujur (honest).
  6. Lincah dan bergerak secepat kilat, loyal terhadap negara dan tau bagaimana menggunakan senjata dengan baik. Merupakan jendral infantri (infantry).
  7. Mampu melewari dataran tinggi atau wilayah yang berbahaya, pergi ke medan perang dengan sangat cepat, yang pertama memimpin penyerangan dan yang terakhir mundur. Merupakan jendral kavaleri (cavalery).
  8. Kemampuannya dihormati oleh seluruh pasukan dan hampir tak terkalahkan di medan perang. Selalu waspada pada seluruh peperangan dan semakin kuat saat bertemu musuh yang kuat. Merupakan jendral yang agresif (agressive).
  9. Mencari kebijakan dengan kesederhanaan, mampu menerima dengan baik opini dan saran orang lain, memperlakukan orang dengan hormat dan berintegritas tinggi. Agresif di peperangan, pengambil keputusan, dan bijak, Merupakan ‘comander-in-chief’ general.

-Jiang Yuan-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s