Jangan Minta Anak Membelikan Rokok


Arti judul di atas benar-benar ajakan saya kepada pembaca semua.  Sering kita saksikan orang tua, ayah atau ibu meminta anaknya untuk membelikan rokok ke warung. Anak-anak lugu tersebut diperkenalkan langsung kepada rokok oleh orang tuanya. Aneh tapi nyata.

Mungkin orang tua tersebut tidak sadar bahwa mereka mengajarkan anak-anaknya bahwa rokok itu suatu barang yang biasa dikonsumsi dan mudah didapatkan. Maka wajar saja jumlah perokok di kalangan usia anak-anak semakin bertambah. Mereka awalnya sembunyi-sembunyi ketika mengonsumsi rokok, kemudian lama-lama terang-terangan. Bahkan sudah ada bocah yang merengek ke orang tuanya untuk dibelikan rokok.

Masyarakat kita sering mengeluhkan anak-anak yang mengonsumsi rokok yang oleh MUI diharamkan tersebut. Gaya hidup dengan mengonsumsi rokok biasanya berkembang ke arah minuman keras dan narkoba. Belum lagi pengaruh keperkembangan mental anak-anak tersebut. Sering kita saksikan anak-anak yang sudah mengonsumsi rokok memiliki berbagai masalah kejiwaan. Emosional, tidak disiplin dan masalah kejiawaan lainnya.

Tentu kita ingin generasi muda bangsa dapat berkembang dengan baik. Sehingga harapan akan kejayaan bangsa ini di masa yang akan datang bukan lah suatu harapan kosong. So jangan suruh anak anda membelikan rokok anda! bahkan lebih baik lagi jika anda yang berhenti merokok untuk masa depan anak anda.

to be loved and to be understood.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s