Kisah Jeans dan Ciri Khasnya


Pasti agan semua pernah dengar kata Denim dan Jeans. Jika ditanya apa agan tau apa perbedaan keduanya, kebanyakan pasti mengatakan Jeans = Denim dan Denim = Jeans. Sebenarnya jawaban terebut tidak begitu keliru. Denim memang merupakan jenis bahan yang dipakai untuk membuat Jeans. Tapi Jeans bukan Denim. Denim merupakan jenis bahan kain yang sering dipakai sebagai kain layar kapal di Perancis dan Italia. Bahan dasarnya adalah serat kapas yang dibuat kasar dan ditenun diagonal dengan tambahan bahan tertentu. Alur diagonal ini disebut dengan istilah Twill.

twill

Kata Jeans sendiri muncul dari asal kata Genes yang berarti celana dari Genoa. Celana ini awalnya banyak dipakai di eropa, tersebar sampai ke Inggris. Jeans menjadi terkenal setelah perusahaan Levi Straus & Co yang memegang merek Levi’s berkembang di negeri Paman Sam. Celana ini awalnya banyak dipakai oleh para pekerja tambang yang merupakan pekerja kasar. Sehingga dalam perkembangan disainnya, celana Jeans banyak memenuhi kebutuhan para pekerja tambang. Mulai dari jahitan sampai dengan kantong. Kantong kecil yang ada di sisi kanan setiap celana Jeans dahaulunya dipakai oleh para pekerja tambang untuk menyimpan bongkahan-bongkahan hasil penambangan. Untuk menjaga jahitan kuat celana Jeans pun identik dengan Rivets yang merupakan kancing yang digunakan untuk menguatkan jahitan.

rivetsjeans

Satu hal lagi yang identik dengan celana Jeans adalah pola kantong belakangnya yang dikenal dengan nama Arcuate. Pertama kali yang memperkenalkan pola ini tentu saja sang bapak Jeans pendiri LS &CO. Pak Straus saat itu terinspirasi dengan burung camar. Sehingga dia kemudian mematenkan pola burung camar ini di setiap produk celana Jeansnya.

1193806_20140520091650

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s